Cara Mudah Unregistrasi Nomer Telepon

CARA MUDAH UNREGISTRASI NOMER TELEPON


Infotvsatelit.com- Penggunaan kartu telepon dari berbagai provider, sebagai nomer telepon atau penggunaan layanan jaringan internet saja. Maka sebelum kamu menggunakan nomer telepon tersebut, untuk melakukan registrasi dengan mendaftarkan NIK (Nomer Induk Kependudukan) dan KK(Kartu Keluarga).

Mengenal Peraturan Registrasi Nomer Telepon.


Peraturan ini telah berlaku sejak tahun 2017 lalu untuk melakukan registrasi ulang menggunakan NIK dan KK. Hal ini bertujuan sebagai langkah memberikan keamanan data terhadap pemilik nomer telepon, pada era digital seperti ini. 

Mungkin sudah kamu ketahui bersama bahwa penggunaan satu NIK, hanya boleh untuk registrasi 3 kartu telepon saja. Hal tersebut terlampir dalam Surat Edaran Badan Regualasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Nomer: 01/2018 dan  Surat Ketetapan Nomer : 3/2008 dari BRTI. Mengenai pengguna nomer telepon hanya bisa melakukan registrasi sebanyak 3 nomer untuk satu NIK. 

Dengan adanya peraturan dalam penggunaan nomer telepon yang terlebih dahulu, melakukan registrasi menggunakan NIK dan KK, memberikan keamanan data bagi pemilik nomer tersebut. Serta memberikan kemudahan dalam merekam dan mengidentifikasi akan kejahatan digital yang telah pemilik nomer lakukan. 

Mungkin sebagian dari kamu telah mengetahui, cara untuk melakukan registrasi nomer pada beberapa porvider kartu yang ada pada wilayah Indonesia. Dengan cara mengirimkan ke nomer tujuan 4444, dan format teks pesan dalam registrasi atau pendaftaran penggunaan nomer telepon tersebut. Lalu bagaimana cara kamu untuk melakukan unregistrasi atas nomer telepon yang tidak kamu gunakan lagi, karena nomer tersebut hanya kamu gunakan untuk menikmati jaringan internet nya saja. Baiklah, berikut cara mudah untuk melakukan unregistrasi nomer telepon sebagai berikut. 


Cara Mudah Unregistrasi Nomer Telepon Dari Beberapa Provider. 


Untuk kamu yang sering bergonta-  ganti kartu telepon, sebagai kartu untuk menikmati layanan jaringan internet dari kartu tersebut. Maka sesudah paket data internet dari kartu tersebut habis, kamu tidak menggunakan kartu tersebut. Sebelum membuang kartu tersebut, terlebih dahulu untuk kamu lakukan unregistrasi dengan cara sebagai berikut. 

Unregistrasi Kartu Telkomsel.
  • Pada menu sms kamu ketikkan : UNREG#NomerNIK(16 digit)
  • Lalu kirim ke 4444.
Unregistrasi Kartu XL dan Axis.
  • Format teks pesan sms : UNREG#Nomer Telepon#
  • Lalu kirim ke 4444. 
Unregistrasi Kartu Indosat. 
  • Format teks pesan sms : UNPAIR#Nomer Telepon#
  • Lalu kirim ke 4444. 
Unregistrasi Kartu 3. 
  • Format teks pesan sms : UNREG#Nomer NIK#
  • Lalu kirim ke 4444. 


Kesimpulan. 


Demikian ulasan singkat mengenai. Cara Mudah Unregistrasi Nomer Telepon. Sebelum kamu melepas dan membuang kartu telepon yang sudah tidak kamu gunakan lagi. Maka sebaiknya untuk kamu lakukan proses unregistrasi terlebih. Sehingga memudahkan kamu untuk melakukan registrasi kembali terhadap nomer telepon yang baru, menggunakan indentitas kamu. Semoga bermanfaat dan terimakasih. 


Artikel Terkait

Silakan tambahkan komentar Anda.
EmoticonEmoticon