Aktifkan Fitur Kontrol Orang Tua di Android

fitur kontrol orang tua


Perkembangan tekhnologi smartphone yang pesat dapat memberikan dampak positife dan negatife. Pemanfataan dan penggunaan suatu tekhnologi smartphone yang salah dapat memberikan dampak negatife. Seperti halnya pemberian anak yang masih di bawah umur untuk menggunakan smartphone yang harus anda awasi dan kontrol karena dapat menyebabkan anak membuka sesuatu hal yang belum pantas di buka seperti saat membuka youtube anak-anak membuka video yang belum pantas ia tonton. Maka dari itu sebagai orang tua saat memberikan anak-anak smartphone untuk terlebih dahulu mengaktifkan kontrol orang tua untuk mengurangi resiko tersebut. Pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana cara untuk mengaktifkan kontrol orang tua di handphone android. 



Pemberian smartphone kepada anak tanpa anda awasi sangat berisiko terhadap anak membuka dan menulusuri hal-hal yang belum pantas untuk di ketahui nya. Karena anak memiliki sifat keinginan tahuan yang tinggi tidak jarang saat anak di beri smartphone mereka menelusuri google play untuk mendownload permainan atau aplikasi yang belum pantas dalam kategori umur nya. Dan tidak hanya mendownload sesuatu anak anak juga senang untuk menonton  suatu video dan menelusuri media sosial yang ada dalam smartphone tersebut. 


Unutk mengurangi resiko tersebut saat memberikan smartphone pada anak untuk anda mengaktifkan kontrol orang tua pada beberapa aplikasi yang berunsur memiliki batasan kategori seperti google play dan youtube. Unutk mengetahui bagaimanan mengaktifkan kontrol orang tua mungkin anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut. 


Cara Mengaktifkan Kontrol Orantua Pada Smartphone Android. 


Cara aman untuk mengawasi anak saat memberikan smartphone kepada anak salah satu nya dengan cara mengaktifkan kontrol orang tuan yang memang di berikan oleh pengembang layanan aplikasi. Untuk mengurangi penyalahgunaan smartphone pada anak. 

1. Mengaktifkan Layanan Kontrol Orang Tua Di PlayStore.


  • Buka aplikasi playstore.  Slide layar ke kanan. 
  • Setelah layar anda slide maka akan ada pengaturan yang berlogo roda gigi.
  • Tap pengaturan scrol ke atas sedikit. Pada bagian kontrol pengguna terdapat kontrol orang tua.
  • Setelah masuk anda slide ke kanan tombol gulir untuk mengaktifkan. Sebelumnya anda berikan pin sebagai kunci untuk menaktifkan nya.
  • Dan setelah aktif anda dapat memberikan Smartphone kepada anak anda. Maka playstore akan menutup akses aplikas yang tidak di perkenankan untuk anak-anak gunakan.


2. Mengaktifkan Layanan Kontrol Orang Tuan Di Youtube.


  • Buka aplikasi Youtube.
  • Lalu tap profil akun yootube anda yang berada pada bagian atas sebelan kanan. 
  • Pilih Setelan atau Setting. Pilih umum seteah masuk pada pengaturan umum tepat di bawah lokasi ada mode terbatas tap saja untuk mengaktifkan nya.
  • Maka youtube tidak akan merekomendasikan video dengan kategori dewasa. 

3. Menagktifkan Kontrol Orang Tua di  Handphone Samsung. 

Untuk anda yang menggunakan handphone samsung maka samsung memberikan fitur untuk sebagai kontrol orang tua. Pada fitur ini anda dapat mengunci semua aplikasi yang tidak ingin anak anda gunakan. Untuk menggaktifkannya sebagai berikut.

  • Buka handphone anda scrol keatas dan cari " Kebiasaan Digital dan Kontrol Orang Tua"
  • Setelah masuk scrol keatas pada pilih mode fokus yang dapat mengunci sementara aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang anda inginkan berjalan saat handphone anda beikan kepada anak anda. 
Dengan cara ini anda dapat mengawasi dan mengontrol aktivitas anak saat menggunakan smartphone. Sehingga mencegah anak untuk menjalankan aplikasi yang tidak sepantasnya. 


Penutup


Demikianlah cara untuk mengaktifkan fitur kontrol orangtua di android yang dapat anda lakukan dengan mudah. Sehingga dapat mengurangi resiko anak untuk membuka layanan aplikasi atau menonton video yang tidak sesuai dengan umur anak. Semoga bermanfaat dan terimakasih. 

 

Artikel Terkait

Silakan tambahkan komentar Anda.
EmoticonEmoticon